Resensi Buku: My Brief History (Stephen Hawking)






Identitas Buku
Judul Buku: MY BRIEF HISTORY (Sejarah Singkat Saya)
Penulis: Stephen  Hawking
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: Januari 2014
Jumlah Halaman: 160 Halaman

Sinopsis
       Pertama yang saya tahu dari Stephen Hawking bahwa dia adalah fisikawan teoretis, kosmologi, pengarang, dan Direktur Penelitian Centre for Theoretical Cosmology di Universitas Cambridge yang memiliki keterbatasan fisik, namun dia pemilik dari teori "Black Hole" (Lubang Hitam). 
       Stephen Hawking lahir tanggal 8 Januari 1942 di Oxford dari pasangan Frank (1905–1986) dan Isobel Hawking (née Walker; 1915–2013). Kedua orang tua nya sama - sama lulusan dari Oxford University, ayah nya mengambil jurusan kedokteran dan ibunya mengambil jurusan filsafat, politik, dan ekonomi. Keluarganya belatarkan belakang tidak mampu, Stephen Hawking memiliki dua adik  Philippa dan Mary, dan adik adopsi, Edward. Mereka tinggal di salah satu kota yang bernama St Albans, di  St Albans keluarganya di anggap sangat cerdas dan agak eksentrik, keluarga Stephen Hawking biasanya makan sambil membaca buku, teman teman nya sering menjulukinya sebagai "Einstein.
     Keluarga Stephen Hawking sangat mengutamakan pendidikan, ayah Stephen Hawking ingin anaknya bersekolah di Westminster School, tetapi Stephen Hawking yang berusia 13 tahun jatuh sakit pada tanggal ujian beasiswa. Keluarganya tidak mampu membiayai pendidikannya tanpa bantuan beasiswa sehingga Hawking bertahan di St Albans. Awalnya dia tidak mendapatkan nilai yang bagus pada saat sekolah, seiring berjalan nya waktu ia pun mulai menunjukkan kegemaran nya pada ilmu pengetahuan dan ia memutuskan di universitas dia belajar matematika, namun ayah nya menawarkan nya untuk belajar kedokteran karena khawatir tidak banyak lapangan pekerjaan untuk sarjana matematika, ayahnya pun ingin ia kuliah di University College, Oxford. Karena disana tidak ada jurusan matematika Stephen Hawking memutuskan untuk belajar fisika dan kimia, Stephen Hawking mendapatkan beasiswa .
     Stephen Hawking mengawali kuliah nya di University College, Oxford. Ia pun melanjutkan pendidikan kosmologi di Universitas Cambridge.
        Tahun pertama Stephen Hawking sebagai mahasiswa doktoral diterpa kesulitan. Ia di diagnosis mengidap penyakit saraf motorik, Stephen Hawking mengalami depresi, semua dokter pun menyarankan untuk melanjutkan penelitiannya, namun berkat dorongan dari Dennis William Siahou Sciama salah satu pendiri kosmologi modern dan termasuk salah satu pembimbingnya ia pun melanjutkan kembali penelitiannya. Ia pun menuliskan tesis nya dengan topik " Tesis Hawking" dan tesisnya pun di setujui.
        Pada awal 1970-an, penelitian Hawking bersama Carter, Werner Israel, dan David C. Robinson sangat mendukung teorema rambut nihil Wheeler. Menurut teorema ini, materi awal pembentuk lubang hitam dapat diketahui dengan melihat massa, muatan listrik, dan rotasinya. Esainya yang berjudul "Black Holes" dianugerahi Gravity Research FoundationAward pada Januari 1971. Buku pertama Hawking, The Large Scale Structure of Space-Time.
       Hawking menikah dengan Jane Wilde, seorang murid bahasa, pada tahun 1965. Jane Hawking mengurusnya hingga perceraian mereka pada tahun 1991. Mereka bercerai karena tekanan ketenaran dan meningkatnya kecacatan Hawking. Mereka telah dikaruniai tiga anak: Robert (lahir 1967), Lucy (lahir 1969), dan Timothy (lahir 1979). Hawking lalu menikahi perawatnya, Elaine Mason (sebelumnya menikah dengan David Mason, perancang komputer bicara Hawking), pada tahun 1995. Pada Oktober 2006, Hawking meminta bercerai dari istri keduanya.

Kelebihan
      Sangat memotivasi sekali bagi kita terutama bagi yang memiliki kekurangan fisik dan tidak mampu, karna kendala fisik tidak menghalangi untuk menggapai impian, bahkan ia semakin bersemangat untuk mendapatkan beasiswa karna ketidak mampuan orang tuanya.

Kekurangan
          Ada beberapa kata yang sulit di pahami.

Penilaian Buku
          Buku ini sangat bagus karna banyak kutipan - kutipan Stephen Hawking untuk menggapai impian.


Comments

Popular posts from this blog

Manajemen Integrasi Proyek, Manajemen Ruang Lingkup, Manajemen Waktu

Interface dalam Interaksi Manusia & Komputer

Manajemen Proyek